Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Routing EIGRP


EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) adalah routing protocol yang hanya di adopsi oleh router cisco atau sering disebut sebagai proprietary protocol pada cisco. Dimana EIGRP ini hanya bisa digunakan sesama router cisco saja. EIGRP adalah protokol distance-vektor yang classless dan yang sudah ditingkatkan (echanced), yang memberikan kita keunggulan yang nyata dibandingkan protokol properti cisco lainnya, yaitu Interior Gateway Routing Protocol IGRP. Keduanya menggunakan konsep dari sebuah autonomous system untuk menggambarkan kumpulan dari router-router yang contiguous (berentetan, sebelah menyebelah) yang menjalankan routing protocol yang sama dan berbagi informasi routing. Tapi EIGRP memasukkan subnet mask kedalam update route-nya. Sehingga memungkinkan kita menggunakan VLSM dan melakukan perangkuman (summarization) . EIGRP mempunyai sebuah jumlah hop maksimum 255.
EIGRP kadang-kadang disebut sebagai routing protocol hybrid karena ia mempunyai karakteristik-karakteristik baik dari protokol distance-vector maupun dari protokol link-state EIGRP ini sangat cocok digunakan untuk midsize dan large company. Karena banyak sekali fasilitas-fasilitas yang diberikan pada protocol ini.
Berikut fitur EIGRP yang jauh lebih baik dari IGRP :
1.  Mendukung IP, IPX, dan AppleTalk melalui modul-modul yang bersifat protocol dependent
2.   Pencarian network tetangga yang dilakukan dengan efisien
3.   Komunikasi melalui Reliable Transport Protocol (RTP)
4.   Pemilihan jalur terbaik melalui Diffusing update Algoritma (DUAL)

Dalam perhitungan untuk menentukan path/jalur manakah yang tercepat/terpendek, EGIRP menggunakan algortima DUAL (Diffusing-Update Algorithm) dalam menentukannya.EIGRP mempunyai 3 table dalam menyimpan informasi networknya:
1.   Neighbor table : Tabel yang paling penting dari table-tabel yang lainnya. di tabel ini menyimpan list tentang router-router tetangganya. Setiap ada router baru yang dipasang, address dan interface langsug dicatat di table ini.
2.   Topology table : Tabel ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan dari Routing table dalam 1 autonomous system (seperti sistem area di OSPF). DUAL mengambil informasi dari "neighbor tabel" dan "topology table" untuk melakukan kalkulasi "lowest cost routes to each destination". Setelah melakukan kalkulasi akan ada yang namanya "successor route". Successor route ini disimpan di tabel ini juga.
3.   Routing table : menyimpan the best routes to a destination. Informasi tersebut diambil. dari "topology table"

Cara Kerja dari EIGRP :
EIGRP akan mengirimkan hello packet untuk mengetahui apakah router-router tetangganya masih hidup ataukah mati. Pengiriman hello packet tersebut bersifat simultant, dalam hello packet tersebut mempunyai hold time, bila dalam jangka waktu hold time router tetangga tidak membalas.. maka router tersebut akan dianggap mati. Biasanya hold time itu 3x waktunya hello packet, hello packet defaultnya 15 second. Lalu DUAL akan meng-kalkulasi ulang utk path2nya. Hello packet dikirim secara multicast ke IP Address 224.0.0.10.
Cara Menggunakan EIGRP :
router(config)#router eigrp [autonomous-system-number]
router(config-router)#network [network-number]

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar