Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Apa itu FLASH??

   
 Macromedia Flash merupakan perangkat bantu untuk membuat presentasi animasi dan interaksi, bahkan dilengkapi dengan kemampuan pemrograman, untuk membuat game misalnya. File sumber Flash berektensi FLA sesudah diolah keluarannya dapat berupa file Shockwave yang berekstensi SWF ataupun EXE (bila dibangkitkan proyektornya). Tentu saja hasil file EXE ini dapat dipanggil dari dalam Windows sebagaimana layaknya program biasa. Sedangkan file SWF dapat disisipkan dalam Web dan dimainkan oleh browser Web, bila browser telah dipasangi player Flash (Shockwave player). Player Flash didistribusikan secara gratis. Untuk pengembangan, Macromedia Flash merupakan program penyunting file sumber Flash.
      Kemampuan web Flash sangat luas, sehingga boleh dibilang fungsi-fungsi HTML pun dapat sepenuhnya digantikan oleh fungsi-fungsi Flash SWF, jika diinginkan oleh penguna. Web yang biasanya statis itu dapat digantikan oleh Flash SWF yang bisa amat dinamis, dengan level interaksi yang lebih luas.
Sekilas bila digunakan untuk membuat animasi grafis biasa, tanpa interaksi, file Flash Shockwave, selayang pandang, nyaris tidak ada bedanya dengan file animasi GIF. Namun sebetulnya ada perbedaan yang sangat mendasar. File SWF pada prinsipnya merupakan file vektor (yang tentu saja di dalamnya dapat disisipkan file-file bitmap). Sementara animasi GIF hanya bekerja pada file bitmap. Oleh karenanya membuat animasi dengan Flash, pada banyak kasus, memiliki ukuran yang lebih kecil.

      Bagaimana beda nyata antara data grafis bitmap dengan data grafis vektor. Untuk menggambar sebuah garis pada bitmap diperlukan titik-titik sepanjang garis tsb. Misal, ilustrasi file bitmap untuk garis lurus mendatar setebal 2 pixel sepanjang 6 pixel. Layar berlebar 20 pixel.

Data bitmap:
00000000000000000000
00000000000000000000
00000001111110000000
00000001111110000000
00000000000000000000
00000000000000000000

0 menunjukkan tidak ada data (kosong). 1 menunjukkan adanya data (dalam hal ini berupa titik). Ilustrasi garis miring dari ujung ke ujung

00011000000000000000
00000110000000000000
00000001100000000000
00000000011000000000
00000000000110000000
00000000000001100000

Bedakan dengan data vektor berikut:
garis 8,3,6,2 --> untuk garis mendatar mulai dari titik 8,3 sepanjang 6 setebal 2
garis 4,1,6,2, miring --> garis miring mulai dari titik 4,1 sepanjang 6 setebal 2

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar