Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Animasi Sederhana

Membuat animasi teks “piksi”

1. File:New.
2. Pilih A di Tools untuk menulis teks di layar.
3. Letakkan kursor di ujung paling kiri layar dan ketiklah “p”.
4. Sorot karakter “p” tersebut dan ubahlah tipe hurufnya menjadi Impact, warna diganti menjadi biru tua, dan bold, melalui panel “Character”.
5. Perhatikan di frame 1, akan muncul bulatan yang menunjukkan adanya keyframe, yaitu kunci untuk berpindah dari satu frame gerakan (animasi) ke frame animasi berikutnya.
6. Posisikan kursor di frame ke 10. Frame ke 10 akan gelap.
7. Sisipkan frame kunci dengan “Insert Keyframe”.
8. Kembalilah ke mode penyutingan teks dengan meng-klik “A” di Tools.
9. Klik di “p” untuk menambahkan “i”. Pastikan sedang berada di frame ke-10 ketika melakukan penambahan ini. Teks sekarang berubah menjadi “pi”.
10. Klik lagi di 10 frame berikutnya, yaitu frame 20. Sisipkan frame kunci dengan “Insert Keyframe”.
11. Kembalilah ke mode penyutingan teks dengan meng-klik A di Tools
12. Klik di “pi” untuk menambahkan “k”. Pastikan sedang berada di frame ke-20 ketika melakukan penambahan ini. Teks sekarang menjadi “pik”.
13. Sebelum lengkap melakukan penambahan teks, sampai tertulis “piksi” secara komplit, ada baiknya animasi ini diuji terlebih dulu dengan “Control:Test Movie”. Jika animasi benar, lanjutkan sampai selesai menuliskan “piksi” secara animasi dengan lengkap.



 14. BERHASIL! Anda telah dapat membuat animasi sederhana dengan Flash.

TIPS : Untuk memudahkan anda meletakkan karakter, sebaiknya anda aktifkan pilihan View:Grid:Show Grid. Selain itu anda juga dapat mengaktifkan pilihan View:Grid:Snap to Grid untuk membuat seolah-olah obyek lengket pada grid.

      Untuk menyisipkan file piksi.swf ini ke dalam file HTML, dapat dimanfaatkan fasilitas “Publish Preview” dari Flash. File HTML akan diberi nama sama dengan file SWF, yang dalam contoh ini bernama piksi.html.
Ukuran kanvas dari animasi Flash kadang-kadang tidak sesuai dengan besarnya animasi yang dibuat. Untuk mengubah ukuran kanvas, klik pada “Modify:Movie”.


 


      Ukuran layar animasi dalam satuan pixel (tergantung dari Ruler Units). Ubahlah Dimensions menyesuaikan dengan gambar animasi yang paling penuh, dalam contoh adalah tulisan teks “piksi”. Atau cara lebih gampang dengan meng-klik pada “Match:Contents”, maka besar layar animasi akan diubah sesuai isi. Klik “Ok”. Pada layar penyuntingan akan terlihat ukuran layar animasi menyesuaikan dengan isi. Kemudian simpan atau export ke bentuk movie SWF lagi.

       Besar frame default adalah 12 fps (frame per detik), yang merupakan jumlah gambar (frame) yang ditampilkan dalam satu detik dan merupakan angka yang wajar. Dengan 12 fps, pergerakan animasi sudah cukup memadai dan nyaman bagi mata. (suatu film / movie mempunyai frame pergerakan 25 fps).
Penempatan di dalam web HTML, animasi dapat berukuran asli atau ditentukan lewat tag width dan height, objek yang di-embed. Perlu diketahui bahwa file animasi Flash SWF merupakan file objek embeded di dalam file HTML web. Tanpa memasukkan parameter height (tinggi) dan width (lebar) maka file swf akan tampil berukuran apa adanya. 

File: piksi-its.htm
<html>
<head>
<title>demo flash sederhana</title>
</head>
<body bgcolor="yellow">
<p>
<embed src="piksi.swf" wmode=transparent width="128" height="128">
</p>
</body>
</html>

      Bila diinginkan warna layar animasi Flash sama dengan warna latar background HTML, sisipkan parameter wmode=transparent di dalam tag embed. Dalam contoh ini, ukuran tampilan animasi Flash swf “dipaksa” oleh web browser, menjadi 128 lebar x 128 tinggi.

TIPS : Ingat plug-ins flash player untuk Internet Explorer atau Netscape harus diinstal terlebih dahulu !!! Pada mode ini jika anda klik kanan pada obyek, anda tidak akan melihat menu flash player-nya (seperti gambar biasa.).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar