Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kelebihan dan Kekurangan Web Browser

1. IE (Internet Explorer)
      
       IE merupakan web browser bawaan dari sistem operasi Microsoft Windows, Ia tersedia untuk banyak versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi mutakhir untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX, tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.
     IE memiliki keunggulan dalam hal kestabilan konektivitas, support untuk kegiatan apapun dan jarang mengalami error, serta jika dalam akses internet menggunakan limited bandwith dan tanpa mengaktifkan show image, IE lebih bisa memberikan tool-tool yang tidak diperlihatkan oleh web browser lain. Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini juga menambah beberapa fitur keamanan penting pada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah dimutakhirkan dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk memutakhirkan Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala. Microsoft secara berkala mengeluarkan patch keamanan yang bisa diunduh secara otomatis dan dipasang untuk memutakhirkan penjelajah web-nya. IE juga kompatible dengan bahasa pemrograman web seperti ASP, JAVA, PHP, dan Javascript.
   Disamping keunggulannya, Internet Explorer juga memiliki beberapa kekurangan/ kelemahan, diantaranya dalam hal download, surfing, browsing dan upload dapat dikatakan lambat tetapi bagi mereka/user yang sangat mengandalkan kestabilan dan supported, browser ini bisa dijadikan pilihan utama.


2. NetscapeNavigator

  
      Netscape Navigator merupakan salah satu web browser yang sering digunakan dan cukup terkenal pada tahun 1900 an, web browser ini pun sampai sekarang masih digunakan hanya saja kalah penggunanya dengan IE ataupun Mozilla Firefox. Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation.
       Pada zamannya, Netscape Navigator banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape Navigator tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh. Tetapi Kini, AOL (America Online) selaku pemilik Netscape Navigator, telah memutuskan untuk menghentikan support-nya terhadap browser tersebut sejak 1 Februari 2008. Sejak saat itu, tidak ada lagi pengembangan browser Netscape, begitu juga dukungan update untuk Netscape Navigator 9 dan versi-versi sebelumnya. Meskipun begitu, akses download versi yang pernah dirilis masih akan disediakan, begitu juga dengan Netscape.com yang akan tetap ada sebagai website portal internet. Selanjutnya pengguna yang ada saat disini direkomendasikan untuk beralih ke Mozilla Firefox.
          Netscape Navigator sangat kompatibel dengan sistem operasi UNIX dan Mac OS, Web browser ini juga support dengan JavaScript web programming karena memang Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa yang sekarang disebut JavaScript ini dulunya dinamai “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2 yang sangat populer pada saat itu. Kemudian sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java”) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995.
       Netscape Navigator merupakan web browser yang stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload dan download, hanya saja secara GUI (Graphical User Interface) web browser ini kurang bagus (kasar). Netscape Navigator merupakan web browser yang dikomersilkan pada saat itu, web browser ini mulai mengalami kehilangan peminat/penggunanya pada saat IE mulai terpasang secara default ketika menginstall Microsoft Windows.

3. Mozilla Firefox
  
      Popularitas browser yang satu ini semakin menanjak merebut hati para penggunanya di seluruh dunia. Setiap tahun selalu ditingkatkan performance mulai dari sisi keamanan, sisi tampilan juga kecepatan. Web browser yang lebih kompatibel dengan Sistem Operasi Linux ini (walaupun kompatibel juga dengan Windows ataupun Mac OS) memiliki beberapa keunggulan dan fitur menarik yang tidak dimiliki oleh browser lain, antara lain pada sisi tampilan yang dapat dirubah oleh pemakai sesuai selera dengan mendownload skin untuk Firefox. Kemudian dari sisi kecepatan, browser ini memiliki kecepatan lebih baik dibandingkan browser yang lebih dahulu terkenal. Fitur lain adalah download manager yang sudah terintegrasi di dalamnya yang mengijinkan pengguna untuk melakukan resume dan suspend proses download. Juga kemampuan untuk menjangkau sebuah site yang tidak dapat dibuka oleh browser lainnya.
    Kemudahan berselancar dengan tab akan membuat browsing lebih cepat dan praktis.yang memungkinkan Anda dapat terus membaca suatu halaman ketika halaman lain sedang diload. Browser yang mampu membuat rekor dunia karena jumlah Mozilla Firefox download mencapai yang terbanyak ini dapat menghentikan iklan popup yang mengganggu saat berselancar. Ketika sebuah situs mencoba membuka popup, Firefox mengijinkan user untuk mengendalikannya adalah suatu kelebihan browser yang semakin tahun popular ini. Dari sisi keamanan, web browser ini juga mampu mencegah phising.
      Tetapi walaupun demikian Web browser yang kompatibel dengan beberapa web programming seperti JavaScript, PHP, Java, Perl dan Phyton ini juga masih mempunyai beberapa kekurangan/kelemahan, diantaranya Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla Firefox, Web browser ini juga tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook, Mozilla juga tidak mendukung sinkronisasi dengan PocketPC Windows dan sinkronisasi USB-cradle, misalnya untuk men-download web calendar.

4. Google Crhoome
   
      Google Chrome adalah sebuah Web Browser yg dibuat oleh Google, hal mendasar yang dilakukan oleh Google adalah menggunakan JavaScript sebagai fokus dari pembuatan script kode Chrome. Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar Web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah. Interfacenya juga bisa dibilang sangat bagus, simpel dan elegant. Peletakan tabs juga sangat efisien sehingga memberikan ruang baca lebih untuk penggunanya. Sangat disarankan untuk pengguna notebook yang kecil, agar ruang bacanya lebih luas.
        Web browser yang kompatibel dengan Sistem Operasi Microsoft Windows dan lebih kompatibel dengan JavaScript web programming ini memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan, diantaranya :
Kelemahan Google Chrome :
  • PRIVASI: Google menyimpan 2% data pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-nya. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu data ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”
  • LISENSI : Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi point ini telah dicabut oleh pihak Google.
  • CELAH KEAMANAN : Beberapa pakar security menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki feature Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker
  • EXTENSIONS : Pada Chrome tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.
  • BAHASA : Pada chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.
Kelebihan Google Chrome :
  • TAMPILAN : Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memilii tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan
  • MODUS PENYAMARAN : Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak.
  • APLIKASI WEB : Google memberikan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti GMAIL atau Google Teader dapat dijalankan lewat shrtcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal
  • PENGELOLAAN MEMORY : Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu tab tidak akan meyebabkan seluruh browser eror. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya)
  • PENCARIAN: Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome dapat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
  • ANTI PENIPUAN : Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA
     Chrome juga memiliki beberapa penampilan yang berbeda dari Internet Explorer dan Firefox, seperti penempatan tab di posisi teratas jendela browser. Perbedaan yang dibuat oleh Google sebenarnya bagus, hanya saja ketika user membuka 40 hingga 50 tab dalam satu browser, maka loading browser Chrome tampak melambat dan membuat aplikasi lain di komputer juga menjadi lambat. Hal inilah yang mungkin telah dilupakan Google mengenai dampak JavaScript.
    Satu sisi kelebihan Chrome, yakni memudahkan user untuk mendiagnosa masalah dengan menghilangkan plugin dengan mudah, dan user dapat mengetahui halaman web mana yang mengkonsumsi power paling banyak. Jika Firefox 3 menghabiskan 95% waktu CPU ketika memainkan video YouTube dengan system Windows XP, maka Chrome menggunakan 60% power CPU, lebih sedikit namun masih tetap boros energi.
     Chrome akan menjalankan Flash dan gambar terberat sekalipun, namun paling cepat di antara browser lainnya, yakni dengan waktu sekitar 12 detik, dan power CPU 40%. Sedangkan Firefox dalam waktu 17 detik, CPU 50%. Untuk IE menghabiskan waktu 13 detik dengan load CPU 50%. Walaupun Chrome sedikit lebih baik di antara browser lainnya, namun pada prakteknya Chrome masih kurang berguna karena tidak adanya fitur tambahan program add-on seperti Flashblock yang dapat mengatur dan memblokir jalnnya Flash, agar browser tidak menjadi lambat dan tidak boros power komputer.

5. Opera

      Browser yang satu ini menjadi saingan Mozilla Firefox dan Internet Explorer, tampilannya terlihat cukup canggih dan modern.Web browser yang memiliki konten khusus yang dapat dijalankan di handphone yang berbasis Java dengan nama OperaMini tersebut juga memiliki Preference yang lumayan banyak dan bisa diatur dengan mudah. Fitur Tabs misalnya, jauh lebih unggul dibandingkan Mozilla dan apalagi Internet Explorer. Kita bisa mengeset situs-situs yang paling sering kita kunjungi, seperti layaknya menu favorit di IE atau FF, namun dengan tampilan situs favorit tersebut.
       Web browser yang kompatibel dengan Microsoft Windows dan Mac OS serta kompatibel dengan PHP dan Java web programming tersebut juga memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :

1. Paling cepat mengunduh dalam beberapa uji coba.

2. Lisensi gratis untuk versi iklan atau US$ 39 untuk versi tanpa iklan.

3. Dilengkapi prangkat untuk memblokir iklan pop up.

4. Bisa mencegah virus pengintip data masuk.

5. Halaman baru dibuka tanpa jendela baru.

6. Opera 8 dilengkapi dengan perintah ganti halaman atau mengubah ukuran jendela dengan suara, cukup pasang mikrofon dan aktifkan fasilitas ini.

7. Gampang mengubah tampilan.

8. Pembuka e-mail menyatu.

   Disamping kelebihannya, Opera juga masih memiliki kekurangan diantaranya sering terjadi masalah dalam mengakses situs-situs tertentu seperti blogger misalnya. Supported yang disertakannya masih memiliki kekurangan, sehingga sering terjadi error / not completed result, didalam mengakses situs-situs tertentu.


sumber : ginanjar85.blogspot.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar