Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mengenal Java Mobile

        Java Mobile (J2ME) atau singkatan dari Java 2 Mobile Edition merupakan subset dari J2SE (Java 2 Standard Edition), yang artinya Java API (JAPI) yang ada di J2ME sebagian diadopsi dari Java API J2SE. Jika pada J2SE menggunakan JVM (Java Virtual Machine) sebagai Interprenternya, lain halnya pada J2ME yang menggunakan Kilo Virtual Machine (KVM) sebagai Interprenternya.
     Berdasarkan spesifikasi perangkat kerasnya J2ME memiliki dua macam konfigurasi yaitu CLDC (Connected Limited Device Configuration) dan CDC (Connected Device Configuration). Perbedaannya dapat Anda dilihat pada Tabel dibawah ini.








Untuk bisa membuat dan menjalankan aplikasi J2ME Anda harus menginstall program tambahan (Add-on) Netbeans Mobility Pack for CLDC/MIDP untuk NetBeans.

Anda bisa mendapatkan versi terbarunya di http://netbeans.org/features/index.html atau Anda install File netbeans-mobility-5_5-win.exe di dalam folder Java\Aplikasi\ pada CD sertaan buku ini.

Saat Anda membuat dan menjalankan aplikasi J2ME di NetBeans program tidak akan ditampilkan langsung di layar desktop, melainkan akan ditampilkan dalam bentuk Mobile Emulator yang memiliki tampilan mirip Hanpdhone.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar